Bali Move Visa : 2019 China 中国 Trip Ni Hao Guangzhou 广州



Nǐ Hǎo Guǎngzhōu.. Rasanya bahagia banget akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di kota Guangzhou.. Guangzhou, too known equally Canton, adalah ibu kota dari Guangdong Province dan sekaligus merupakan kota terpadat (most populous) di Guangdong.. Kota Guangzhou ini membentang di sepanjang Pearl River.. That's why di awal postal service saya mengatakan, bahwa sepertinya sudah takdir dari Tuhan kalau papa-mama saya bisa merayakan Pearl Anniversary mereka di Pearl River.. Nama Guangzhou memang tidak setenar Shenzhen, Beijing, dan Shanghai untuk urusan tourism-nya.. Kebanyakan visitors berkunjung ke Guangzhou untuk urusan bisnis dan trading, apalagi di saat berlangsungnya Canton Fair yang diadakan dua kali dalam setahun..

Setelah turun dari kereta, kami langsung menuju Guangzhou East Metro Station yang connect langsung dengan Guangzhou East Railway Station.. Sebelum naik Metro, terlebih dahulu saya mampir ke counter Customer Service Center untuk membeli tiket 3-Day-Pass seharga l RMB.. Dengan tiket jenis ini, kita bisa naik Metro sepuasnya selama 3 hari ke depan.. Kalau bakalan sering naik Metro, lebih baik membeli tiket ini, karena selain lebih hemat, kita juga tidak perlu antri di tiket machine setiap kali akan naik Metro..




arrived safely @ Guangzhou East Railway Station





Guangzhou East Metro Station






tiket jenis 3-Day-Pass bisa dibeli di Customer Service Center


3-Day-Pass Card (@ l RMB)


Guangzhou Metro Map


 
Dari Guangzhou East Metro Station, kami naik Metro Line 3 (Orange) dan turun di Linhexi Metro Station yang hanya berjarak  1 station away.. Begitu keluar dari Linhexi Metro Station, saya langsung dibuat terpukau dengan jejeran bangunan tinggi dan modern yang didominasi oleh perkantoran, shopping mall, dan apartemen itu.. Maklum di Bali terbiasa melihat sawah dan pantai.. hahaha.. This is Tianhe (天河区), sebuah district di kota Guangzhou yang modern, vibrant, dan dipenuhi oleh skyscrapers.. Saya sengaja memilih menginap di kawasan Tianhe karena saya memang lebih suka dengan expanse yang modern dan more-developed dibandingkan dengan expanse yang older together with to a greater extent than laid-back.. Untuk yang suka dengan tipe expanse yang kedua, bisa memilih hotel di kawasan erstwhile city, seperti di seputaran Beijing Lu..



Guangzhou Metro


Linhexi Metro Station



Saya langsung dibuat jatuh cinta dengan Guangzhou, terutama di daerah Tianhe ini.. Jalan rayanya lebar dengan jalur pedestrian (trotoar) yang juga lebar membuat kita para pejalan kaki bisa berjalan dengan nyaman dan aman.. Di sepanjang jalan juga dipenuhi oleh pepohonan dan tanaman yang dirawat dengan baik.. Ditambah lagi dengan udara dingin kota Guangzhou yang siang itu mencapai xiv derajat Celcius, membuat saya betah berlama-lama duduk di pinggir jalan yang memang disediakan beberapa tempat duduk.. Cuaca yang dingin juga membuat acara jalan-jalan saya semaki menyenangkan karena saya bisa berjalan tanpa khawatir kepanasan dan keringetan.. hahaha.. Dari Linhexi Metro Station, kami berjalan kaki sekitar 500 meter untuk mencapai hotel tempat kami menginap, Aloft Guangzhou Tianhe..



Tianhe District
























Berhubung kami belum bisa check-in, setelah menitipkan tas, kami langsung menuju destinasi pertama kami di Guangzhou, yaitu Baima Garment / Clothing Market.. Sesuai namanya Baima ini adalah pusat grosir baju dimana Guangzhou memang terkenal dengan wearable markets-nya.. Baima ini terletak di dekat Guangzhou Railway Station, dan selain Baima, di sini banyak terdapat pusat grosir baju lainnya seperti Tianma, Xindadi, Yima, Hongmian, dll.. 

Untuk menuju Baima, kami naik Metro Line 1 (Yellow), kemudian transfer ke Line five (Red) dan turun di Guangzhou Railway Metro Station.. Guangzhou Railway Metro Station ini mungkin bisa dibilang Metro Station terbesar yang pernah saya datangi.. Ramainya juga tidak karuan apalagi di saat weekend.. Exit-nya saja banyak banget, mana untuk menuju Baima kami harus mengambil Exit H2 yang notabene paling ujung dan paling jauh.. hahaha.. Mungkin kalau dihitung, dari pertama kali turun Metro sampai Baima, jaraknya bisa mencapai 1 km.. Makanya tidak heran kalau orang China itu langsing-langsing.. Wong kerjaannya jalan kaki dan jauh-jauh pula jaraknya.. wkwkwk.. Hal lainnya yang saya juga perhatikan, para wanita di sini tidak ada yang memakai tas atau handbag yang besar-besar.. Kebanyakan memakai sling-bag atau backpack yang ukurannya kecil.. Sedangkan kita tiga cewek dari Bali ini, bawanya tas besar yang isinya full.. Alhasil tiap malam, bagian bahu dan pinggang sudah kayak nenek-nenek yang encok di sana-sini.. wkwkwk.. Selain membawa tas kecil, saat belanja mereka kebanyakan membawa koper.. Memang sih geret koper bakalan jauh lebih ringan dibandingkan menenteng tas belanjaan ya kan.. 

Saat menuju Exit H2, saya juga melihat satu “pemandangan” yang membuat saya teringat dengan artikel yang pernah saya baca di internet.. Awalnya saya malah tidak terlalu percaya dengan artikel tersebut.. Di sini saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, seorang anak berusia sekitar 3-5 tahun disuruh orang tuanya jongkok di pojokan subway scheme station.. Entah untuk sekedar buang air kecil atau malahan buang air besar.. Memang sih itu bukan persis di subway scheme station yang banyak penjaganya.. Ini di semacam lorong surreptitious yang menghubungkan antar leave of absence stations dan beberapa gedung di seputaran Guangzhou Railway Station.. Si ibu dan anaknya asyik saja jongkok tidak mempedulikan orang yang lalu lalang.. Duh ternyata artikel yang saya baca benar dong.. Duh jangan sampai terinjak saja pikir saya.. hahaha..



di dalam Metro






Baima Garment / Clothing Market



Memasuki Baima membuat saya teringat dengan Mangga Dua kalau di Jakarta.. Baima ini terdiri dari 10 lantai dan walaupun pusat grosir, beberapa toko juga melayani pembelian retail namun tentu dengan harga yang lebih mahal dibandingkan harga grosir.. Saya sendiri hanya "betah" selama xv menit di Baima ini.. wkwkwk.. Alasan pertama adalah karena by together with large yang dijual di sini adalah wintertime fashion apparel.. Kalau yang ini sih salah kami sendiri, siapa suruh perginya pas winter.. hahaha.. Alasan kedua adalah soal harga.. Ternyata harga di sini tidak murah-murah lho.. Malahan cenderung mahal kalau dibandingkan produk serupa di Republic of Indonesia dan di negara lain seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam.. Apalagi modelnya juga rada “kuno” kalau menurut selera saya.. wkwkwk.. Pantesan saja banyak review orang di network yang mengatakan mendingan belanja online di Taobao dan Aliexpress dibandingkan belanja di Baima ini.. hahaha..












Dari Baima, kami iseng masuk ke Tianma Women’s Street.. Jadi ini semacam alley atau lorong yang berada di antara Baima dan Tianma, dan isinya sum dengan toko-toko kecil.. Nah kalau di sini harganya lumayan terjangkau sih.. Tas-tas kecil dibandrol mulai l RMB saja.. Selain tas, ada juga baju, sepatu, dan accessories.. 



Tianma Women’s Street





Berhubung sudah waktunya makan siang, kami mampir ke satu nutrient courtroom yang berada persis di samping Tianma Women’s Street dan juga tembus ke Tianma Fashion Wholesale Center.. Food courtroom ini sudah kayak pasar secara kami datang saat jam makan siang.. Untuk mendapatkan meja saja kami harus antri dan gerak cepat supaya tidak diserobot sama pengunjung yang lain.. Urusan pesan-memesan akhirnya diserahkan ke papa dan adik saya.. Sedangkan saya dan mama saya kebagian hunting meja.. hahaha.. Makanan di sini rasanya so-so semua, kagak ada yang enak.. Ada 2 jenis mie yang kami pesan dan saya sama sekali tidak tertarik untuk mencicipi.. Beef Fried Rice (Niúròu Chǎofàn) pesanan mama saya rasanya lumayan, masih bisa dinikmati.. Sedangkan saya sendiri memesan Wonton Soup yang rasanya paling enak di antara semua makanan yang kami pesan.. Saya juga memesan Ròujiāmó yang bisa dibilang burger ala China, jadi ini roti yang tengahnya diberi daging (pork, beef, or lamb).. Sebenarnya rasanya enak, hanya saja dagingnya kurang seasoning.. Maklum lidah orang Republic of Indonesia kan sudah terbiasa dengan micin.. hahaha.. 

Ada kejadian lucu saat kami memesan Beef Fried Rice.. Berikut percakapan antara adik saya dan penjual Beef Fried Rice : 
Adik saya   :   Nǐ yǒu chǎofàn ma?? (ada nasi goreng??)
Penjual   :   Ah, flai lais.. yǒu.. (ah, fried rice.. ada..)
Adik saya   :   Yǒu niúròu ma?? (ada yang pakai daging sapi??)
Penjual   :   Ah, biii.. yǒu.. (ah, beef.. ada..)
Adik saya   :   Do yous convey water??
Penjual   :   .... diam beberapa detik, terus kepalanya geleng-geleng
Adik saya   :   Nǐ yǒu shuǐ ma?? (ada air??)
Penjual   :   Oh, shuǐ, yǒu (sambil nyengir).. (oh air, ada..)


Jadi untuk kata se-simple "water" saja ternyata banyak yang tidak mengerti lho.. Belum lagi Bahasa Inggris mereka yang sulit dimengerti, bayangkan saja "fried rice" bisa menjadi "flaii laiss".. hahaha.. Makanya kami hampir tidak pernah mencoba berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan orang local.. Lebih baik menggunakan Bahasa mandarin kami yang hanya bisa satu- dua kata, atau sekalian saja menggunakan bahasa tubuh.. hahaha.. Contohnya saja ketika bertanya arah, cukup tunjukkan foto tempatnya atau tulisan nama tempatnya dalam Chinese Character, dan tambahkan kata "zài nǎlǐ" di belakangnya yang artinya "dimana".. Jangan lupa di depannya ditambahkan "bù hǎoyìsi, qǐngwèn" (artinya permisi) dan diakhiri dengan "xièxiè" (artinya terima kasih)..


2 jenis mie yang entah namanya apa (lol)




Niúròu Chǎofàn & Ròujiāmó



Wonton Soup



Setelah lunch, kami mampir ke sebuah surreptitious shopping middle yang bernama The First Tunnel of Guangzhou atau nama resmi yang tertera di entrance-nya "The Top Clothes Underground Wholesale Centre of Asia".. Underground shopping middle ini bisa diakses dari beberapa entrances, termasuk dari Metro Station dan kebetulan persis di depan Tianma juga ada entrance-nya.. Isinya sih sama persis dengan Baima dan Tianma, which is by together with large clothes, hanya saja dengan harga yang jauh lebih terjangkau.. Ujung-ujungnya kami tetap keluar dengan tangan hampa.. Selain karena semuanya koleksi winter, tidak ada juga ukuran yang muat di badan saya yang jumbo ini secara orang China pada mungil-mungil dan langsing-langsing semua.. hahaha.. Sebenarnya saya lebih tertarik berburu tas, dompet, accessories, dll, yang malahan tidak kami temukan setelah beberapa jam keliling..



The First Tunnel of Guangzhou










Capek keliling-keliling tanpa berhasil membeli sesuatu, akhirnya kami kembali ke Guangzhou Railway Metro Station.. Berhubung kami malas kembali ke hotel, jadi kami langsung menuju side past times side destination.. Dari Guangzhou Railway Metro Station, kami naik Metro Line 2 (Blue), transfer ke Line 1 (Yellow) dan turun di Huangsha Metro Station..



antrian di ticket machine


padahal bukan rush threescore minutes lho



To endure continued..



Guangzhou East Railway Station
Dongzhan Road, Tianhe District
Guangzhou, Guangdong, China
Website  :  12306.cn

Guangzhou Metro


Baima Garment / Clothing Market
Opening Hours  :  08.00  -  18.00
16 Zhannan Road, Yuexiu Qu
Guangzhou, Guangdong, China
 

Tianma Fashion Wholesale Center
168 Huanshi westward Road, Yuexiu Qu
Guangzhou, Guangdong, China
Opening Hours  :  08.00  -  18.00


The First Tunnel of Guangzhou 
Zhannan Road, Yuexiu Qu
Guangzhou, Guangdong, China
Opening Hours  :  08.00  -  22.00 
(some shops may unopen earlier)



Sumber http://natinbali.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Bali Move Visa : 2019 China 中国 Trip Ni Hao Guangzhou 广州. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions