Bali Locomote Visa : Pengalaman Utilise Visa China Di Chinese Visa Application Service Marrow Bali


Tidak bisa dipungkiri bahwa visa terkadang menjadi momok menakutkan bagi para travelers Indonesia, termasuk saya sendiri.. hahaha.. Kekhawatiran akan permohonan visa ditolak, ditambah dengan urusan paper-work yang “njlimet”, membuat banyak orang sudah malas duluan untuk pergi ke negara-negara yang memerlukan visa.. Sampai dengan September 2018, tidak ada satupun visa tertempel di passport saya.. Sampai akhirnya saya berangkat ke Sanming, mainland People's Republic of China dan itupun dengan visa yang diuruskan oleh pihak universitas (read here)..

Berbicara tentang visa application, tentu masing-masing negara memiliki persyaratan yang berbeda-beda.. Dari yang paling mudah sampai yang paling sulit seperti Visa Schengen dan US.. Salah satu visa yang konon persyaratannya paling mudah dan tingkat approval-nya tinggi adalah Visa mainland People's Republic of China (Chinese Visa).. Visa mainland People's Republic of China ini bisa di-apply di Chinese Visa Application Service Center (CVASC) yang saat ini sudah terdapat di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.. Good intelligence bagi kita yang tinggal di Bali, saat ini sudah dibuka CVASC di Bali, walaupun permohonan visa tetap akan diproses di Chinese Consulate General di Surabaya.. Jadi kita tidak perlu lagi menggunakan jasa perantara atau move agent untuk mengurus pembuatan visa di Djakarta atau Surabaya, dikarenakan kita cukup memasukkan berkas permohonan di CVASC Bali.. 


CVASC Bali




CVASC Bali ini berlokasi di Grand Palace Hotel di Jl. Bypass Ngurah Rai Sanur.. Jam operasionalnya adalah hari Senin-Jumat pukul 09.00 – 15.00 (s/d 16.00 untuk pengambilan visa)..  Untuk syarat pembuatan Visa mainland People's Republic of China adalah sebagai berikut :

      1. Form Aplikasi Visa
Form Aplikasi Visa ini bisa di-download di sini dan diisi di computer, kemudian di-print.. Untuk yang utilize di CVASC kota lain (selain Bali), bisa mengisi cast ini secara online.. Bahkan bisa ambil nomer antrian secara online juga lho..

      2. Pas Foto
Dua buah Pas Foto dengan syarat dan ukuran yang bisa dilihat di sini.. Saya sarankan mencari tempat foto yang sudah terbiasa melayani pembuatan pas foto untuk utilize visa..

     3. Passport Asli (with at to the lowest degree vi months of remaining validity) dan Fotocopy Passport (yang di-fotocopy hanya halaman identitas)

      4.Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (kemarin fotocopy KTP-nya dikembalikan sama petugasnya)
 
      5. Fotocopy Tiket Pesawat dan Reservasi Hotel


Semua berkas fotocopy yang saya sebutkan di atas harus menggunakan kertas A4.. Untuk reservasi hotel, apabila masih belum pasti akan menginap di hotel mana, lebih baik booking hotel via Booking.com.. Di Booking.com tersedia carte du jour costless cancellation dimana pembayaran baru akan ditarik ketika kita sudah tiba di hotel.. Setelah proses utilize visa selesai, booking-an bisa di-cancel tanpa terkena biaya sepeserpun.. Kalau di website lain, seringkali ada biaya administrasi yang di-charge ketika kita melakukan pembatalan reservasi.. 

Visa mainland People's Republic of China ini berlaku selama three bulan sejak issue-date, jadi lebih baik apply-nya sekitar 30-45 hari sebelum tanggal keberangkatan.. Untuk jenis visa-nya sendiri ada beberapa jenis dan bisa dilihat di website VisaForChina.org.. Kalau untuk liburan (as a tourist), visa yang di-apply adalah kategori visa L..

Berdasarkan pengalaman saya, proses utilize Visa mainland People's Republic of China di CVASC Bali ternyata sangat mudah.. Saya tiba di Grand Palace Hotel sekitar pukul 09.10 dan ternyata tidak ada antrian sama sekali.. Petugas yang menerima berkas permohonan saya juga sangat ramah walaupun pas foto saya dan adik saya tidak lolos pemeriksaan.. hahaha.. Padahal foto yang sama kami gunakan untuk utilize visa ketika pergi ke Sanming di bulan Oct yang lalu.. Untungnya petugas tersebut memberikan kami waktu untuk mencetak ulang pas foto kami.. Bahkan mbak-nya juga memberi tahu dimana lokasi studio foto yang terdekat dengan kantor CVASC.. 
Setelah menyerahkan pas foto yang baru, kami hanya perlu membayar biaya pembuatan visa dan selanjutnya diberikan tanda terima untuk pengambilan visa.. Untuk visa jenis unmarried entry, biayanya adalah sebesar 540k yang terdiri dari 300k Visa Fees dan 240k Application Service Fee.. Proses permohonannya sendiri memerlukan waktu 8 hari kerja (kecuali limited service).. Delapan hari saya lalui dengan perasaan harap-harap-cemas.. hahaha.. Hari itu pagi2, saya sudah ke kantor CVASC dan perasaan saya langsung lega ketika membuka passport saya yang di dalamnya tertempel Visa mainland People's Republic of China kedua saya.. wkwkwk..


So China, hither nosotros come.. ^_^





Chinese Visa Application Service Center – Bali

Grand Palace Hotel

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 165

Sanur – Bali

Phone  :  +62361 449 1313

Business Hours  :

   Mon – Fri (closed on Weekend & Public Holidays)

   09.00  -  15.00 (till 16.00 for collection)
Email  :  denpasarcentre@visaforchina.org



Sumber http://natinbali.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Bali Locomote Visa : Pengalaman Utilise Visa China Di Chinese Visa Application Service Marrow Bali. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions