Bali Locomote Visa : 2019 China 中国 Trip Pearl River (珠江) Black Cruise Inward Guangzhou (广州)



Dari sekian banyak “top activities to create inwards Guangzhou”, salah satu action yang menurut saya wajib dan tidak boleh dilewatkan adalah Pearl River Night Cruise.. Night Cruise sendiri memang bukan hal yang baru dan istimewa.. Banyak destinasi wisata lainnya yang juga menawarkan nighttime cruise serupa, misalnya saja di Thailand, Vietnam, Cambodia, dan termasuk di Bali juga ada.. hehehe.. Saya biasanya tidak terlalu tertarik untuk ikut nighttime cruise.. Alasan pertama adalah karena harganya yang cukup mahal untuk ukuran kantong saya dan yang kedua kami lebih senang jalan-jalan dan makan-makan di nighttime marketplace dibandingkan dinner di dalam kapal.. Tapi kali ini berbeda.. Berhubung papa-mama saya saat itu sedang merayakan anniversary yang ke-30 tahun atau sering juga disebut sebagai Pearl Anniversary, jadi tidak ada salahnya kalau dirayakan di Pearl River juga.. Kebetulan banget kan, sama-sama ada embel-embel “pearl”-nya.. hehehe.. 

Sekilas tentang Pearl River.. Pearl River, atau dalam bahasa Chinese disebut Zhūjiāng, adalah sungai terpanjang ketiga di PRC dengan panjangnya yang mencapai 2000km..  Nama Pearl River ini diberikan karena di dasar sungai terdapat banyak batu besar.. Batu-batu ini begitu bulat dan halus sehingga menyerupai mutiara besar yang bersinar.. Seiring dengan berkembangnya kota Guangzhou, terdapat sekitar 10 jembatan yang melintasi Pearl River serta gedung-gedung tinggi yang berjejer di sepanjang tepi sungai.. Tapi justru ini yang menambah daya tarik Pearl River, apalagi ketika malam hari.. Lampu berwarna-warni beradu dengan arsitektur modern yang juga tidak kalah menariknya.. Pantas saja banyak yang mengatakan, “one tin non hold upward considered to accept visited Guangzhou if he hasn't cruised the scenic Pearl River”.. Saking populernya Pearl River Night Cruise, di Guangzhou ada banyak wharfs atau ports yang bisa dituju kalau ingin naik nighttime cruise.. Ada Tianzi Wharf, Xidi Wharf, Dashatou Wharf, Canton Tower Wharf, Fangcun Wharf, Zhongda Wharf, dll.. Yang paling populer di kalangan tourist adalah Tianzi Wharf dan Dashatou Wharf.. 

Untuk tiketnya sendiri, saya memilih booking via KLook.. KLook memang akhir-akhir ini sering saya andalkan untuk urusan booking tiket atraksi, sewa transportasi, sampai urusan beli sim card local.. Harga yang ditawarkan tergolong lebih murah dibandingkan website serupa lainnya, belum lagi kalau ada promo.. Service-nya juga sangat memuaskan.. Pernah juga lho, tour yang sudah saya booked terpaksa saya cancel karena saya tidak jadi ke Phuket.. Uang saya dikembalikan amount tanpa dipotong biaya apapun..

Untuk Pearl River Night Cruise sendiri, di KLook juga ada banyak pilihannya.. Ada iv wharfs yang bisa dituju yaitu Dashatou Wharf, Haixinsha Wharf, Tianzi Wharf, dan Canton Tower Wharf.. Dari keempat wharfs tersebut, saya memilih naik di Tianzi Wharf.. Alasannya karena review-nya yang bagus di KLook.. Jadi kebanyakan yang naik di Tianzi Wharf bilang kalau proses redemption-nya gampang banget.. Berbeda dengan review-nya Dashatou Wharf, ada yang bilang counter untuk redemption-nya susah ditemukan.. Ada juga yang ditolak saat mau menukarkan voucher KLook mereka.. Alasan kedua adalah lokasi Tianzi Wharf yang strategis banget.. Tianzi Wharf ini berada tak jauh dari Beijing Road Pedestrian Street.. Kalau naik Metro, bisa turun di Beijing Lu Metro Station, ambil Exit Influenza A virus subtype H5N1 dan jalan sekitar 500 meter..


jalanan menuju Tianzi Wharf




Tianzi Wharf


senja di kota Guangzhou




Di Tianzi Wharf sendiri ada three pilihan kapal atau cruise, yaitu Guangzhou Caifu, GIMP, dan Nanhaishen.. Yang paling mahal Guangzhou Caifu dengan harga tiket mulai 346k IDR dan yang paling murah GIMP dengan harga tiket mulai 140k IDR.. Harga tiket masing-masing cruise ini juga bervariasi, tergantung lokasi meja dan paket yang diambil.. Ada yang di showtime floor, 2d floor, 3rd floor, ada yang include buffet dan ada yang tidak.. 

Saya sendiri memilih Nanhaishen Cruise.. Pengennya sih naik Guangzhou Caifu, tapi dipikir-pikir uangnya lebih baik digunakan untuk makan dan belanja.. Apalagi Nanhaishen Cruise juga tidak kalah bagusnya kok.. Ada three pilihan jadwal keberangkatan untuk Nanhaishen Cruise, yaitu 18.55, 20.15, dan 21.35.. Saya tentu memilih jadwal keberangkatan pukul 18.55 supaya pulangnya bisa langsung jalan-jalan di Beijing Road.. hehehe.. Untuk kategori First Floor, harga tiket yang harus saya bayar adalah 182k IDR per orangnya.. Tips dari saya, tidak perlu membeli tiket yang mahal.. Karena nantinya seluruh penumpang juga diperbolehkan naik ke bagian atas (deck) kapal.. #tipshematalanatinbali

Kami tiba di Tianzi Wharf sekitar pukul 18.00 dan langsung menuju counter ticket.. Tidak sampai v menit, ticket cruise sudah berhasil kami dapatkan.. Di counter kami hanya perlu menunjukkan voucher KLook dan passport.. Setelah itu kami melewati safety banking concern check dan menuju waiting room.. Di waiting room juga ada penjual makanan & minuman serta toilet.. Tapi tidak saya sarankan untuk ke lavatory di sini ya.. Joroknya minta ampun.. Kata mama saya, ada tiga lavatory di sana dan semuanya belum disiram.. hahaha.. Toilet di sini sukses menjadi lavatory terjorok yang kami temukan selama iv hari di China.. Mending ke toiletnya sewaktu di dalam kapal karena lavatory di kapalnya bersih banget..  


ticket counter @ Tianzi Wharf




Waiting Room




Kami sedikit kepagian sih sampai di Tianzi Wharf.. Di sini tempat duduknya juga terbatas, jadi kami memilih ngemil Curry Fish Balls dulu.. Curry fish balls ini sepertinya salah satu snack favorite di China.. Di mall-mall juga banyak yang jual.. Rasanya memang enak sih.. Jadi bakso ikan yang soft dan fluffy itu dicampur dengan saus curry yang light.. Seporsi Curry Fish Balls di Tianzi Wharf ini dibandrol seharga 10 RMB..

Sekitar pukul 18.45, para penumpang Nanhaishen Cruise dipersilakan untuk naik ke kapal.. Kami hampir saja salah masuk kapal.. Maklum secara announcement-nya semua dalam Bahasa mandarin dan Bahasa Canton.. Untung saja kami dicegat oleh petugasnya.. Ternyata antrian untuk Nanhaishen Cruise ada di sebelah kiri.. wkwkwk.. Jadi saat itu kebetulan ada ii cruise yang sama-sama akan berangkat..


beberapa cruises yang berangkat dari Tianzi Wharf




Nanhaishen Cruise


Pertama kali lihat Nanhaishen Cruise, saya langsung suka.. Design-nya bagus dan meriah banget..  Antique vogue dan bentuknya menyerupai dragon.. Very Chinese (lol) dan sangat unik dibandingkan dengan kapal-kapal lain yang design-nya lebih modern.. Nanhaishen Cruise ini terdiri dari three floors.. First floor-nya berupa ruangan tertutup dengan deretan meja + kursi seperti di restaurant.. Sedangkan ii floors lainnya berupa open-air.. Memang sih kalau mau menikmati pemandangan, lebih enak di 2d flooring dan 3rd floor.. Tapi berhubung selisih harganya lumayan dan khawatir papa-mama saya bakalan kedinginan, jadi saya memilih showtime floor..

Malam itu kebetulan kapalnya tidak terlalu ramai.. Jumlah penumpang malam itu tidak sampai fifty orang.. Berbeda dengan kapal lainnya, seperti GIMP Cruise yang penumpangnya berjubel dan didominasi oleh orang local.. Begitu kapal mulai bergerak, kami diberi segelas teh hangat yang terasa sangat nikmat karena diminumnya di atas kapal di saat cuaca Guangzhou lagi dingin-dinginnya.. Beberapa menit kemudian, seluruh penumpang di showtime flooring dipersilakan naik ke 2d floor.. Makanya saya sebutkan tadi, tidak perlu beli tiket yang mahal, karena toh semuanya boleh naik ke atas.. hahaha..


Nanhaishen Cruise - showtime floor






Setibanya di 2d floor, kami langsung dibuat terpukau melihat pemandangan di sepanjang Pearl River.. Sepertinya kata cantik tidak cukup menggambarkan keindahan yang kami lihat saat itu.. Apalagi saat kapal mulai mendekati surface area Canton Tower dan Zhujiang New Town.. Duh, bagus banget.. Foto-foto yang saya ambil ini hanya menggunakan photographic tv camera smartphone lho.. Kalau pakai photographic tv camera mahal pasti bakalan lebih bagus.. hehehe..


Nanhaishen Cruise - Second Floor










Di tengah perjalanan juga ada pertunjukan seni Bian Liǎn atau Face Changing (tari topeng China).. Setelah itu dilanjutkan dengan pertunjukan Chinese Paintings.. 


pertunjukan Bian Liǎn


pertunjukan Chinese Paintings


Tapi yang menjadi favorit saya tetap si icon kota Guangzhou, apalagi kalau bukan Canton Tower.. Dari atas kapal kita bisa melihat langsung keindahan Canton Tower dengan lampunya yang cantik dan berubah-ubah warnanya.. One of moments inwards my life that I volition never forget.. Bisa menikmati pemandangan kota Guangzhou yang begitu indah dengan keluarga tersayang.. #beyondgrateful










the famous Canton Tower








beautiful Guangzhou




my some favorite photograph of Guangzhou <3


Karena kedinginan, kami akhirnya kembali ke showtime floor.. Saat melewati meja penumpang lain, saya melihat mereka sedang asyik makan nasi kotak.. Wah mereka sampai bawa bekal segala pikir saya.. hahaha.. Eh ternyata setelah sampai di meja kami, sudah tersedia iv kotak nasi addition iv gelas teh hangat.. Jadi ternyata tiket kami sudah include makanan.. Surprise banget kan, secara di KLook tidak disebutkan bakalan dapat makanan.. Menunya sederhana sih, hanya nasi putih dengan tumis ayam + sayuran, dan setengah butir telur asin.. Tapi walaupun sederhana, rasanya enak banget.. Makanannya disajikan hangat, tumis ayam + sayurannya juga wangi dan gurih, dan telur asinnya juga enak.. Benar-benar happy dan puas malam itu.. hahaha.. Anyway, Nanhaishen Cruise ini juga mampir ke Canton Tower Wharf lho, jadi penumpang juga bisa naik dari wharf ini..


complimentary nutrient & beverage


Nanhaishen Cruise versi amount trunk (lol)


Tianzi Wharf @ night




Kini saya tahu kenapa Pearl River Night Cruise ini menjadi salah satu “must-do” ketika di Guangzhou.. What a memorable experience.. Definitely the highlight of our trip to Guangzhou.. Jadi kalau teman-teman sedang berlibur ke Guangzhou, jangan melewatkan nighttime cruise ini ya.. Dijamin tidak bakalan menyesal deh.. Harga tiketnya juga masih terjangkau, mulai dari 100rb IDR saja.. hehehe.. 



Tianzi Wharf (天字码头)
No 200, Yanjiangzhong Road, Yuexiu
Guangzhou, Guangdong, China
Closest Metro  :  Beijing Lu Metro Station (Exit A)
Recommended Cruise :  Nanhaishen Cruise


Sumber http://natinbali.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Bali Locomote Visa : 2019 China 中国 Trip Pearl River (珠江) Black Cruise Inward Guangzhou (广州). Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions