Bali Locomote Visa : Soto Ayam Surabaya (Sas) Bali



Salah satu kuliner khas Surabaya yang paling “ngangeni” menurut saya adalah Soto.. Entah kenapa soto-soto di Bali itu tidak ada yang semantap soto-soto di Surabaya.. Di Surabaya mah walaupun soto kelas gerobak pinggir jalan, rasanya sudah enak.. hehehe..

Beberapa waktu yang lalu, sepulang dari Beachwalk Kuta, tidak sengaja mobil saya melewati Soto Ayam Surabaya (SAS) yang terletak di Jalan Patih Jelantik ini.. Karena tempatnya super besar, jadi saya penasaran banget dengan soto ayam-nya.. Jadi minggu depannya saya bela-belain mampir ke SAS ini.. Oh ya, ternyata ini adalah cabang SAS yang kedua.. Jadi sebelumnya mereka sudah buka di Jalan Teuku Umar.. Berhubung tempatnya rada nyempil masuk ke pertokoan, jadi saya tidak pernah mengetahui keberadaan SAS ini.. hehehe.. Anyway dari Instagram mereka, saya juga tahu bahwa SAS ini sudah ada sejak tahun 1983 dan hadir kembali di tahun 2016.. Penasaran juga mereka dulu buka dimana.. Secara dulu saya punya langganan soto ayam enak di Jalan Raya Tuban dan tiba-tiba mereka tutup dan menghilang..






Soto Ayam Surabaya (SAS) Kuta



Kami datang saat jam makan siang dan herannya tempatnya sueeepiiii.. Padahal tempatnya besar banget.. Rombongan double-decker juga bakalan ketampung di resto ini.. Tempatnya sendiri sangat nyaman walaupun konsepnya open-space.. Asri banget karena sekelilingnya banyak pohon dan tanaman, bahkan ada playground untuk si kecil pula.. Untuk card makanannya sendiri, hanya ada iii yaitu Soto Ayam, Ayam Goreng, dan Ayam Bakar.. Untuk ayam-nya sendiri, mereka menggunakan ayam kampung alias ayam organic.. Jadi sudah pasti rasanya lebih enak (dan lebih sehat) dibandingkan dengan makanan sejenis yang menggunakan ayam broiler atau ayam negeri..

















Untuk Soto Ayam-nya sendiri, terdapat berbagai pilihan sama seperti di penjual soto lainnya.. Ada yang isinya daging dada, daging paha, kulit, brutu, dan jeroan.. Pesanan saya waktu itu ada Soto Ayam Dada, Ayam Kampung Goreng, dan Ayam Kampung Bakar.. Sedangkan untuk minumannya, saya memesan Es Campur dan Es Kacang Hijau yang dua-duanya enak dan recommended..


Es Campur (14k)


Es Kacang Hijau (12k)



Untuk makanannya, let’s foremost alongside the Soto Ayam.. Duh rasanya senang banget bisa makan soto ayam yang mirip dengan soto ayam di Surabaya.. Apalagi setelah beberapa kali menemukan soto ayam yang kuahnya mirip sop bening berwarna kekuningan.. hahaha.. Isi sotonya memang tidak melimpah sih, tapi wajar secara harganya hanya 20k, dan lokasinya di Kuta pula.. Rasanya sedikit keasinan, mungkin karena resto-nya agak sepi.. Next fourth dimension mau coba saya bandingkan dengan cabangnya yang di Teuku Umar.. Nah satu hal yang buat kecewa adalah koya-nya.. Makan soto tanpa koya pasti serasa tidak lengkap.. Sayangnya koya di SAS ini kagak enak.. Baunya itu rada apek gitu.. Mungkin disebabkan koya-nya sudah disimpan dalam waktu yang lama atau kualitas kerupuk udang yang digunakan..


Soto Ayam Dada (20k)



Next adalah si Ayam Kampung Goreng dan Ayam Kampung Bakar.. Walaupun menggunakan ayam kampung, surprisingly ukurannya cukup besar lho, apalagi mengingat harganya yang cuma 25k.. Seporsi Ayam Kampung Goreng/Bakar juga hadir dengan tambahan Sayur Urap dan iii macam sambal yang terdiri dari Sambal Matah, Sambal Embe, dan Sambal Merah.. Kalau saya pribadi lebih suka Ayam Bakar-nya.. Bumbunya enak banget, apalagi dimakan dengan sayur urap dan sambalnya.. Dijamin diet gagal total.. hahaha..


Ayam Bakar (25k)





Anyway, saat kami makan siang, ada beberapa rombongan tourist yang datang, baik domestic maupun mancanegara.. Jadi mungkin SAS cabang Patih Jelantik ini memang menarget para wisatawan yang lagi berlibur di Bali.. Untuk yang berdomisili di seputaran Denpasar seperti saya, bakalan lebih dekat ke SAS cabang Teuku Umar.. Berhubung menulis review ini sambil membayangkan Soto Ayam dan Ayam Bakar-nya, kayak dalam waktu dekat saya harus balik ke SAS lagi.. hahaha..




Soto Ayam Surabaya (SAS) Kuta

Jl. Patih Jelantik No 81

Kuta, Bali

Phone  :  081 2393 33422

Opening Hours  :  10.00 – 00.00
Phone  :  +6281 239 333 422
Facebook  :  SAS Soto Ayam Surabaya
Instagram  :  @sas.bali



Soto Ayam Surabaya (SAS) Teuku Umar
Jl. Teuku Umar No 200
Denpasar, Bali
(depan Amaris Hotel)
Phone  :  0361 - 4748320
Opening Hours  :  09.00 – 22.00


Taste  :  ✮✮✮
Price  :  ✮✮✮
Service  :  ✮✮✮
Place  :  ✮✮
Recommended  :  Soto Ayam & Ayam Bakar

Sumber http://natinbali.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Bali Locomote Visa : Soto Ayam Surabaya (Sas) Bali. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions