Bali Go Visa : Traveling Mandiri (Tanpa Paket Tour / Go Agent) Ke China / Tiongkok?? Siapa Takut!!



Berhubung banyak yang bertanya kenapa saya berani traveling ke PRC / Tiongkok tanpa ikut tour (paket tour), jadi saya kepikiran untuk menulis post ini.. Tapi beneran lho, setiap kali cerita ke saudara atau teman, comment atau pertanyaan yang sering saya dapatkan adalah “beneran ga pakai tour?”, “kok berani sih??”, “ga takut nyasar??”, “memang bisa Bahasa Mandarin?”, dan seterusnya.. Saya bingung juga harus menjawab apa.. hahaha.. Lha wong memang dari pertama kali traveling, saya tidak pernah ikut tour.. Traveling bareng rombongan saja baru sekali sewaktu ikut acara kampus.. Sisanya ya traveling mandiri alias semua diurus sendiri.. hahaha..

Buat saya, traveling ke PRC sama saja dengan traveling ke negara lain yang non-English-speaking countries, seperti Thailand, Vietnam, dan Cambodia.. Destinasi-destinasi ini terlihat lebih “menantang” karena permasalahan bahasa saja.. Apalagi orang PRC memang terkenal tidak bisa ber-bahasa Inggris.. Makanya banyak orang memutuskan untuk ikut paket tour.. Semua sudah diatur dan disiapkan, jadi hanya perlu duduk manis saja.. Tapi buat saya, keseruan traveling itu justru dimulai saat menyusun itinerary.. Browsing-browsing mengenai tempat wisata yang mau dikunjungi, kuliner lokal apa saja yang ingin dicicipi, sampai mempelajari peta dan rute MRT, semuanya buat saya adalah hal yang seru dan menantang banget.. Lagian saya juga merasa wasting fourth dimension banget kalau harus ikut agenda wajib ke toko-toko yang selalu disisipkan di sela-sela jadwal tour.. Belum lagi harus “terpaksa” mengikuti schedule yang terkedang melelahkan itu.. Enakan jalan sendiri, bisa mengatur sendiri mau bangun jam berapa dan mau kemana saja.. hehehe..

Selain persoalan bahasa, hal lain yang menyebabkan orang lebih banyak memilih ikut tour adalah wilayah negara PRC yang luas banget itu.. Selain wilayahnya yang luas, tempat wisatanya juga banyak.. Kalau mau dikunjungi semua, tentu memerlukan transportasi yang memadai.. Sedangkan kalau ikut tour kan semua sudah disiapkan, mulai dari bus, kereta, dan penerbangan domestic antar kota di China.. Seperti teman kantor saya yang baru pulang berlibur ke China.. Dia ikut paket tour dan diajak berkeliling four kota di China, yaitu Beijing, Shanghai, Hangzhou, dan Suzhou..

Tapi di balik semua alasan yang saya sebutkan di atas, tetap memungkinkan kok traveling ke PRC tanpa ikut tour.. Malahan justru lebih seru dan menantang kalau menurut saya.. Memang sih bakalan lebih “repot” dibandingkan dengan ikut tour.. Tapi menurut saya masih sebanding kok, apalagi sisa budget-nya kan bisa kita gunakan untuk shopping-shopping.. hahaha..

Beberapa tips yang bisa saya bagikan buat teman-teman yang mau traveling ke PRC tanpa ikut tour : 

       1.   Apply Visa China
Berhubung traveling-nya tanpa ikut tour, jadi kita punya ii opsi untuk pengurusan Visa China.. Kita bisa employ sendiri ke CVASC (Chinese Visa Application Service Centre) atau menggunakan jasa locomote agent.. Buat teman-teman yang berdomisili di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bali, saya sarankan langsung employ ke CVASC saja.. Dikarenakan di empat kota tersebut sudah dibuka CVASC.. Pengalaman saya employ Visa PRC di CVASC Bali sudah pernah saya post di sini ya.. Yang jelas tidak pakai ribet dan ngantri sama sekali.. Untuk teman-teman yang berdomisili di luar empat kota yang saya sebutkan tadi, terpaksa harus menggunakan jasa locomote agent.. Sebagai perbandingan, selisih biaya pengurusan Visa PRC antara employ sendiri dan menggunakan jasa locomote agent berkisar antara 100k – 450k..


 CVASC Bali (Jl. Bypass Ngurah Rai Sanur)


            2.   Internet Connection is a Must
Kalau traveling ke PRC tanpa ikut tour, koneksi mesh adalah hal yang wajib ya.. Mau beli paket roaming boleh.. Bawa pocket WIFI juga boleh.. Kalau beli sim card local sih tidak saya sarankan ya.. Karena selain harganya mahal, prosesnya juga ribet.. Saya pribadi lebih suka beli paket roaming.. Memang lebih mahal, tapi jauh lebih unproblematic karena tidak perlu pakai VPN segala.. As nosotros all know, beberapa aplikasi dan situs tertentu itu diblokir di China.. Celakanya yang diblokir itu kebanyakan yang bakalan kita pakai selama traveling, seperti Google Translate, Google Maps, Gmail, Instagram, Whatsapp, dll.. Untuk pengguna Telkomsel seperti saya, tersedia paket roaming mulai dari 120k (3 hari – 1GB)..


Paket Roaming Tekomsel seven Hari



       3.   Plan Your Trip as well as Make Itinerary
Merencanakan perjalanan dan membuat itinerary itu sangatlah penting ketika kita traveling mandiri alias tanpa ikut tour.. Apalagi kalau liburannya ke PRC yang kota-kotanya itu besar dan luas banget.. Kalau tidak direncanakan dengan baik, bisa-bisa wasting fourth dimension dan ujung-ujungnya tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi atau malah melewatkan tempat keren yang seharusnya dikunjungi.. Berbekal itinerary yang di-planning dengan baik, kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik.. Beberapa tempat wisata yang letaknya berdekatan, bisa sekalian dikunjungi dan kalau punya waktu lebih bisa juga mampir ke kota lain yang jaraknya berdekatan.. Pengalaman saya ketika berkunjung ke Guangzhou awal tahun ini, waktu 3 hari itu sangat kurang.. Padahal saya selalu keluar hotel pagi hari dan baru kembali saat malam hari.. Tapi tetap saja selalu kejar-kejaran dengan waktu karena begitu banyak tempat yang ingin dikunjungi.. Selain itu, lokasi tempat wisata yang berjauhan juga harus diperhitungkan karena otomatis akan banyak menghabiskan waktu di jalan.. Kalau berlibur ke PRC pun saya sarankan langsung dalam waktu yang cukup lama, misalkan seminggu.. Karena kalau 3 hari, tidak bakalan cukup.. Seperti di Guangzhou, kalau mau mengunjungi semua pusat perbelanjaan seperti Baima dan kawan-kawannya itu, kayaknya perlu waktu berminggu-minggu.. hahaha..


       4.   Public Transport inwards China
Untungnya world carry di PRC itu sangat bisa diandalkan, termasuk untuk para wisatawan.. Sebagian besar kota di PRC sudah di-support oleh Metro atau Subway yang mirip dengan MRT kalau di Jakarta, Singapore, dan KL.. Semua petunjuk, termasuk map, tersedia dalam versi Bahasa Inggris-nya juga.. Jadi no worries at all.. Di website resmi Metro masing-masing kota juga sudah tersedia bill of fare “journey planner”.. Jadi kita bisa tahu kalau dari tempat H5N1 mau ke tempat B harus naik Metro describe apa dan turun di station mana, lengkap dengan instruct out yang harus dipilih dan tarifnya.. Kalau bakalan sering naik Metro, saya sarankan membeli tiket jenis one-day-pass atau three-day-pass.. Berbekal tiket harian seperti ini, kita bisa sepuasnya naik Metro dan yang terpenting tidak perlu antri di machine ticket setiap kali ingin naik Metro..

Kondisi Metro-nya juga bersih dan nyaman kok.. Walaupun peak hours, Metro-nya tidak penuh-penuh banget seperti di Singapore dan Bangkok yang sampai berdesak-desakan itu.. Hanya saja, untuk yang traveling dengan orang tua, harus dipertimbangkan kalau mau naik Metro.. Alasan pertama, tidak di semua instruct out tersedia escalator atau lift.. Jadi harus naik atau turun tangga manual.. Alasan kedua, untuk menuju Metro itu terkadang harus jalan lumayan jauh karena melewati lorong-lorong yang panjang.. Saya yang muda begini saja kadang merasa hopeless melihat lorong-lorong panjang itu, terutama ketika malam hari di saat betis saya sudah menyerah dipakai jalan seharian.. hahaha..


 Metro inwards Shenzhen


Ada yang penasaran dengan Grab di China?? Di PRC ada yang namanya DiDi.. DiDi ini ya bisa dibilang Grab versi China.. Sayangnya kita sebagai tourists belum bisa menggunakan DiDi karena DiDi hanya menerima pembayaran menggunakan AliPay atau WeChatPay (atau platform digital payment lainnya).. Sedangkan salah satu syarat untuk memiliki occupation organisation human relationship di AliPay dan WeChatPay adalah memiliki occupation organisation human relationship banking concern China.. Jadi kesimpulannya ya kita tidak bisa menggunakan DiDi ini.. Opsi lainnya adalah taxi.. Awalnya saya ragu untuk naik taxi karena takut tarifnya mahal atau kena scam.. Ternyata setelah dicoba, tidak semahal yang saya bayangkan.. Sama saja dengan tarif taksi di Indonesia.. Driver-nya juga baik-baik kok, walaupun sempat ketemu satu driver yang tidak mau menggunakan argo.. Semenjak itu, saya jadi sering naik taxi karena kalau keseringan naik Metro, kasihan papa-mama saya yang usianya sudah tidak muda lagi.. hahaha..

Bus kota sebenarnya juga bisa diandalkan.. Sayang buat yang tidak bisa berbahasa mandarin seperti saya ini, kesulitannya adalah membaca rute dan nomer omnibus yang melayani rute yang ingin kita naiki.. Padahal tarif omnibus di PRC itu murah meriah lho.. Di kota besar biasanya ii RMB atau sekitar IDR 4k dan di kota kecil biasanya 1 RMB atau sekitar IDR 2k saja..


Public Bus inwards Sanming


       5.   China's High Speed Trains
Sudah sampai di China, rugi banget kalau tidak mampir ke banyak kota.. Apalagi kini di PRC tersedia high speed trains (bullet trains) yang melayani berbagai rute antar kota dan daerah.. High speed trains kebanggaan PRC ini adalah salah satu yang tercepat di dunia, dengan kecepatannya yang bisa mencapai 350 km/h.. Ada sekitar 2800 pairs trains yang beroperasi setiap hari, menghubungkan 550 kota yang ada di China.. 

Naik high speed trains menurut saya jauh lebih convenient dibandingkan pesawat, tentunya dengan harga yang jauh lebih murah.. Misalkan untuk rute Xiamen – Guangzhou, harga tiket kereta kelas First Class sekitar IDR 800k dengan waktu tempuh four jam.. Sedangkan harga tiket pesawat mulai dari IDR 1.5juta dengan waktu penerbangan 1 jam addition ii jam waktu tunggu di airport..

Kereta-kereta ini tersedia dalam 3 pilihan kelas, yaitu Second Class, First Class, dan Business Class.. Kalau untuk durasi yang singkat sekitar 1-2 jam, Second Class sudah cukup nyaman.. Untuk perjalanan dengan durasi di atas ii jam, mungkin bisa memilih First Class yang seat-nya lebih lebar sehingga lebih nyaman.. Kalau kelas Business Class-nya, sudah mirip dengan Business Class di pesawat, dengan seats yang bisa diubah menjadi 3 posisi, yaitu seated, reclining, dan lie-flat..


 Train C7074 - Shenzhen to Guangzhou


Beberapa rute favorit yang bisa ditempuh menggunakan high speed trains, antara lain Beijing–Shanghai–Hangzhou, Shenzhen-Guangzhou, Xiamen–Fuzhou, dan masih banyak lagi.. Untuk booking tiket kereta, tidak saya sarankan beli on-the-spot ya.. Apalagi untuk rute-rute sibuk dan favorit seperti Beijing – Shanghai.. Penjualan tiket kereta akan dibuka xiv hari sebelum keberangkatan.. Untuk pembelian online sebenarnya bisa dilakukan di website resmi PRC Railway di 12306.cn.. Sayangnya untuk melakukan pembelian di website ini, kita harus memiliki nomer telepon local, jadi sebagai tourists otomatis kita tidak bisa melakukan pembelian di website ini.. Hal ini yang kemudian menyebabkan banyak situs di mesh yang menawarkan “jasa” untuk membelikan tiket kereta, tentunya dengan sejumlah fee yang harus kita bayar.. Dari sekian banyak situs yang ada, yang paling saya rekomendasikan adalah Trip.com.. Trip.com ini ibarat Traveloka atau Tiket.com versi China.. Jadi ada aplikasi yang bisa di-install di smartphone juga.. Untuk booking fee-nya, nominalnya bervariasi tergantung pada harga tiketnya.. Biasanya berkisar antara ii – five USD per tiketnya.. Jadi setelah booking, kita hanya perlu membawa bukti & kode booking ke railway station atau ticket component subdivision terdekat untuk ditukarkan dengan tiket kereta.. Pembayarannya pun bisa menggunakan credit card jadi tidak perlu repot-repot bawa CNY dan beli langsung di railway station..

   
6.   Learning Chinese Language
Walaupun mata saya sipit, sayangnya saya tidak bisa berbahasa Mandarin.. hahaha.. Berhubung orang PRC dikenal dengan kemampuan Bahasa Inggris-nya yang kurang, jadi satu-satunya cara ya kita yang belajar Bahasa Mandarin.. hahaha.. Walaupun ada Google Translate, sekedar belajar cara mengucapkan "terima kasih", "halo", "harganya berapa", kan tidak ada salahnya.. Berdasarkan pengalaman saya, orang-orang lokal yang saya temui akan lebih abide by dan ramah ketika kita bertanya menggunakan Bahasa mandarin dibandingkan Bahasa Inggris.. Jadi selama di China, saya belum pernah bertemu dengan orang local yang judes atau cuek ketika ditanyai sesuatu.. Padahal Bahasa mandarin saya juga ala kadarnya kok.. Sebagai contoh kalau saya kebingungan mencari suatu tempat, biasanya saya menunjukkan foto tempat tersebut, sambil menambahkan kalimat “zài nǎlǐ?" yang artinya "dimana?".. Surprisingly it plant all the time.. hahaha..

Beberapa kata yang bisa dihafalkan sebelum traveling ke PRC antara lain :
·         Hello   :  Nǐ hǎo        
·         Good Morning   :  Zǎoshang hǎo
·         Thank you   :   Xièxiè
·         How are you?   :   Nǐ hǎo ma?
·         How much is this?   :   Zhège duōshǎo qián?
·         What is this?   :   Zhè shì shénme?
·         I desire to instruct to…   :   Wǒ yào qù...
·         Where is …?   :   ...zài nǎlǐ?
·         I’m sorry   :   Duìbùqǐ
·         Where is toilet?   :   Cèsuǒ zài nǎlǐ?


7.   Bring Cash & ATM
Saat ini di China, orang local kebanyakan menggunakan platform digital payment untuk transaksi jual-beli sehari-hari, entah itu AliPay, WeChatPay, dll.. Sayangnya kita sebagai travelers, belum bisa menikmati kemudahan ini.. Satu-satunya cara ya menggunakan uang cash.. Lucunya kadang saya menemukan penjual yang kesulitan mencari uang kembalian saat saya membayar belanjaan saya dengan uang cash.. Jadi sepertinya pembeli lain hampir semuanya membayar menggunakan AliPay atau WeChatPay.. Kalau uang cash saja sudah jarang digunakan, apa kabar kartu kredit?? Saya hanya pernah menggunakan kartu kredit di hotel tempat saya menginap untuk membayar deposit.. Kalau saya lihat di toko-toko dan supermarket, sudah tidak ada jejeran mesin kartu kredit seperti di Indonesia.. Dikarenakan uang cash sebagai satu-satunya pilihan pembayaran yang bisa kita gunakan, jadi pastikan membawa uang dalam RMB atau CNY dalam jumlah yang cukup ya.. Money changer sendiri tidak banyak saya temukan di China, kecuali di airport.. Kalau kepepet, bisa mengambil uang tunai di ATM.. Jadi pastikan membawa kartu ATM yang berlogo Visa, MasterCard, UnionPay, dll..


 RMB / CNY


8.   Toilet inwards PRC (prepare yourself, lol)
Banyak orang Indonesia, at to the lowest degree yang saya temui, berpikir ii kali ketika mau traveling ke China.. Kebanyakan alasannya adalah karena cerita dan isu yang berkembang, terutama mengenai joroknya lav di China.. hahaha.. Saya sendiri termasuk yang sudah parno duluan ketika mau pertama kali berangkat ke China.. Duh pokoknya cerita-cerita yang saya dengar itu seram-seram banget.. Apalagi saya orangnya memang agak rewel urusan per-toilet-an.. Turned out, saya berhasil kok survived selama 3 hari di PRC walaupun setiap hari harus menemukan aneka kondisi toilet, mulai dari yang bersih banget sampai yang kotor banget.. hahaha..

Kalau dipikir-pikir sih, tidak seseram yang dibayangkan kok.. Sama saja seperti di Indonesia.. Ada yang kotor, ada juga yang bersih.. Berdasarkan pengalaman saya, semakin modern kota yang dikunjungi, maka toiletnya akan semakin bersih.. Semakin ke pedesaan, maka toiletnya juga cenderung lebih kotor.. Saya pernah kok masuk ke lav di SPBU di China.. Kondisinya sama saja seperti lav di SPBU di Indonesia.. Kebanyakan lav yang kotor itu, selain tidak disiram, baunya juga "semerbak" banget.. Saya sampai bercanda dengan adik saya, jangan-jangan Harpic dan Porstex itu tidak laku di China.. hahaha..

Beberapa tips dari saya untuk masalah per-toilet-an di China.. Tips pertama, pick out your ain tissue.. Hampir semua lav di PRC itu tidak menyediakan tissue (kecuali di hotel dan tempat eksklusif), jadi lebih baik bawa sendiri.. Hampir semua lav di PRC juga tidak ada bidet atau manus shower-nya, jadi tissue basah juga wajib dibawa ya.. hahaha.. Tips lainnya adalah menghindari toilet-toilet di tempat wisata yang biasanya lebih ramai dan kotor.. Biasanya saya mencari lav di mall-mall, yang tentu saja lebih modern dan lebih bersih.. Untuk lav terkotor yang pernah saya temukan di China, rekornya masih dipegang oleh Ninghua di Sanming dan Tianzi Wharf di Guangzhou.. hahaha..



Semoga dari beberapa tips yang saya bagikan di atas, bisa berguna buat teman-teman yang mau traveling ke PRC ya.. Kalau beberapa orang yang saya kenal, mengaku kapok ke PRC dan tidak mau balik lagi, saya termasuk kelompok yang tidak kapok.. hahaha.. PRC has as well as thus much to offer.. Thanks to its size, PRC offers limitless places to explore, peachy diversity nutrient to taste, G years of culture, numerous places to store (from shopping streets to large-scale modern shopping malls), as well as many more.. PRC is equally good a prophylactic province to travel.. Destinasi-nya pun banyak banget.. Yang doyan belanja, bisa pergi ke Shenzhen dan Guangzhou.. Yang doyan alam, bisa pergi ke Guilin dan Zhangjiajie .. Yang doyan sejarah dan kepengen melihat Great Wall, bisa pergi ke Beijing.. Yang doyan ke Disneyland dan kota metropolitan, bisa pergi ke Shanghai.. hehehe..

I ended upwards falling inwards dearest as well as can't await to instruct dorsum to China.. So, let's take in China.. 



Sumber http://natinbali.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Bali Go Visa : Traveling Mandiri (Tanpa Paket Tour / Go Agent) Ke China / Tiongkok?? Siapa Takut!!. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions