Taman Kupu-Kupu Bali (Bali Butterfly Park) Di Tabanan

Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park Tabanan adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan dan juga taman pelestarian dan penangkaran kupu-kupu yang terbesar di Bali serta di Republic of Indonesia dan di Asia Tenggara dan sekaligus menjadi salah satu objek wisata taman kupu-kupu Bali yang dipakai untuk edukasi dan penelitian.

Mungkin selama ini kita hanya bisa melihat gambar kupu-kupu yang indah saja tanpa pernah menyentuhnya tetapi di Taman Kupu-kupu Tabanan Bali Butterfly Park ini kita bisa melihat langsung dan bisa menyentuhnnya. Taman Kupu-Kupu Bali (Bali Butterfly Park) adalah selain sebagai tempat konservasi dan edukasi, juga sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, pelajar serta peneliti.

Di Taman Kupu-Kupu Bali ini terdapat ribuan ekor kupu-kupu dari berbagai spesies/jenis yang di tangkar dan dikembangbiakkan, baik yang dilindungi oleh hukum maupun yang tidak dilindungi, disamping itu juga terdapat spesies serangga lainnya yang dilestarikan di Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali ini. Kupu-kupu yang sudah dewasa akan dilepas dan diterbangkan ke alam bebas ke habitat aslinya. Bagi anda yang sedang mencari objek wisata di Tabanan yang menarik, maka Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park ini bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan di Bali

 adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan dan juga taman pelestarian dan penangkar Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) di Tabanan
Foto Kupu-kupu Papilionidae

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki hutan terluas ketiga serta memiliki kekayaan keanekaragaman hayati kedua di dunia yang memiliki potensi yang sangat besar akan pesona alamnya. Republic of Indonesia juga dikenal dengan nama Kingdom of Butterfly karena keanekaragaman jenis/spesies kupu-kupu dan juga serangga yang banyak hidup di alam negeri Republic of Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah dengan berbagai macam spesies yang memiliki bentuk dan warna yang indah dan cantik.

Sejarah Taman Kupu-kupu Tabanan Bali Butterfly Park

Sejarah berdirinya Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) Tabanan berawal dari penyelenggaraan Konferensi Kupu-kupu Internasional (International Butterfly Conference) di Ujung Pandang pada tanggal 23-27 Agustus 1993 oleh Departemen Pariwisata Republik Indonesia. Konferensi yang diikuti oleh para ahli kupu-kupu dari dalam dan luar negeri tersebut membahas mengenai kekayaan kupu-kupu yang dimiliki Republic of Indonesia serta upaya pengelolaan dan pemanfaatannya secara lestari sekaligus memperkenalkan taman kupu-kupu alami yang berada di Bantimurung Sulawesi Selatan kepada dunia pariwisata agar menjadi contoh bagi pendirian taman-taman kupu lainnya.

Setelah konferensi berakhir, beberapa peserta dalam negeri termasuk dari PT Ikas Amboina berkumpul membahas kembali intisari dari pertemuan tersebut, yaitu pelestarian dan pemanfaatan kupu-kupu melalui aktivitas pariwisata, bagaimana menciptakan replika dari taman kupu-kupu alami seperti yang ada di Bantimurung dan bagaimana cara melestarikan serta memanfaatkan kupu-kupu secara berkelanjutan. Tiga bulan setelah penyelenggaraan konferensi di Ujung Pandang tepatnya 28 Nov 1993, dibentuklah PT Kupu-kupu Taman Lestari sebagai pengelola dan pendiri taman kupu-kupu yang diberi nama Bali Butterfly Park.

 adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan dan juga taman pelestarian dan penangkar Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) di Tabanan
Foto dari kristinakomala.blogspot.com

Pembangunan Bali Butterfly Park oleh PT Kupu-kupu Taman Lestari dimulai setelah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat maupun daerah serta dari masyarakat setempat. Setelah hampir tiga tahun membangun, pada tanggal 17 Desember 1996 Bali Butterfly Park dibuka secara resmi sebagai salah satu objek wisata alam dan edukasi, dan diresmikan oleh Ibu Asiawati Oka, Ketua Tim PKK Propinsi Bali.

Taman Kupu-kupu ini memiliki luas 1 ha, terdiri dari 3.700 m² untuk habitat kupu-kupu dan sisanya 6.300 m² digunakan untuk taman bunga sebagai tanaman dan tumbuhan yang digunakan sebagai makanan dan proses membudidayakan kupu-kupu serta sarana prasarana wisata. Terdapat lima jenis kandang yang digunakan selama proses menangkarkan kupu-kupu, antara lain kandang reproduksi, kandang pemeliharan telur, tempat pemeliharaan larva, kandang kepompong, dan kandang kupu-kupu.

 adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan dan juga taman pelestarian dan penangkar Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) di Tabanan

Selain kupu-kupu yang dilestarikan di tempat wisata Bali Butterfly Park, juga terdapat berbagai macam serangga seperti Cobalt Blue Tarantula, Scorpion, Celenocosmia javanensis, dll.

Jenis/Spesies Kupu-kupu di Taman Kupu-kupu Tabanan Bali

Dari hasil penelitian (2010) diketahui terdapat xv jenis/spesies kupu-kupu yang ditangkarkan di Taman Kupu-kupu Tabanan Bali Butterfly Park, terdiri dari dua famili/keluarga yakni Papilionidae dan Nymphalidae. Dua jenis dari famili Papilionidae adalah termasuk kupu-kupu yang dilindungi yaitu Ornithoptera priamus dan Troides helena.


No. Jenis/Spesies Famili
1 Ornithoptera priamus Papilionidae
2 Troides Helena Papilionidae
3 Graphium agamemnon Papilionidae
4 Pachliopta aristolochiae Papilionidae
5 Papilio demolion Papilionidae
6 Papilio helenus Papilionidae
7 Papilio memnon Papilionidae
8 Papilio peranthus Papilionidae
9 Papilio polytes Papilionidae
10 Chetosia hypsea Nymphalidae
11 Doleschalia bisaltide Nymphalidae
12 Euploea phaenareta Nymphalidae
13 Euploea core Nymphalidae
14 Moduza procris Nymphalidae
15 Vindula dejone Nymphalidae


Spesies/Jenis Kupu-kupu Yang Dilindungi Di Bali Butterfly Park

Dari xv jenis/spesies kupu-kupu yang ada di Taman Kupu-kupu Bali terdapat ii jenis kupu-kupu yang dilindungi dari keluarga Papilionidae, yaitu:

1. Ornithoptera priamus

 adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan dan juga taman pelestarian dan penangkar Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) di Tabanan
Ornithoptera priamus: Jantan (kiri), Betina (kanan)

Kupu-kupu jenis Ornithoptera priamus dari keluarga Papilionidae memiliki panjang sayap seventy mm, kupu-kupu jantan berwarna hijau, memiliki warna hitam dengan bentuk hampir lonjong pada bagian discal sayap depan yang dikelilingi oleh warna hijau pada bagian depan dan belakangnya, memiliki pola warna hitam di sepanjang tepi sayap. Sayap belakang berwarna hijau dengan tepi sayap berwarna hitam. Kupu-kupu Betina berwarna hitam dengan garis putih pada sayap depan dan pola warna putih pada sayap bagian belakang. Pada masing-masing sayap belakang terdapat empat titik hitam.

2. Troides helena

 adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan dan juga taman pelestarian dan penangkar Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) di Tabanan
Troides helena: Jantan (kiri), Betina (kanan)

Kupu-kupu jenis Troides helena memiliki panjang sayap seventy mm, sayap depan berwarna coklat tua kehitaman, memiliki sisik-sisik halus berwarna kuning yang tersusun membentuk garis. Pada kupu-kupu jantan bagian apical sayap berwarna hitam dan di bagian tornus terdapat titik hitam yang terpisah. Sayap belakang berwarna kuning emas dengan vena berwarna hitam. Pada kupu-kupu betina bagian tornus sayap atas berwarna hitam, memiliki titik yang berbaris pada bagian submarginal.

Pariwisata Taman Kupu-kupu Bali

Objek wisata Taman Kupu-kupu Tabanan Bali adalah salah satu taman kupu-kupu yang terbesar sehingga membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun pelajar. Tempat wisata Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park ini juga telah didukung oleh fasilitas wisata yang memadai, dilengkapi dengan museum kupu-kupu yang memamerkan koleksi berbagai macam jenis kupu-kupu disertai galeri aneka kerajinan/souvenir yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti: Framing Butterfly (Bingkai Kupu-kupu), Framing Beetle (Bingkai Kumbang), gantungan kunci yang terbuat dari serangga, selipan pembatas buku, newspaper weight (penindih kertas) terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu, dll.

 adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan dan juga taman pelestarian dan penangkar Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) di Tabanan
Souvenir dari kupu-kupu

Untuk pengunjung dari masyarakat Bali sendiri banyak datang berkunjung pada hari libur bersama keluarga, dan umumnya mereka juga ingin melihat langsung Kupu-kupu Barong atau Kupu-kupu Gajah (Attacus atlas), kalau di Bahasa Inggris disebut Atlas moth yang sekarang keberadaannya di pulau Bali sudah langka dan sulit untuk ditemukan.

Biasanya wisatawan akan mengunjungi obyek wisata Taman Kupu-kupu Bali ini setelah mereka mengunjungi Museum Subak ataupun sebelum mengunjungi objek wisata sawah jatiluwih ataupun Pura Luhur Batukaru, karena untuk mencapai lokasinya adalah satu arah dengan jalan ke obyek wisata Jatiluwih, Permandian air panas, dan Pura Batukaru. Bagi yang belum pernah mengunjungi Taman Kupu-kupu Bali, ayo liburan kunjungi Bali Butterfly Park bersama keluarga atau orang terdekat anda! See The Mystery of Nature!

Lokasi Taman Kupu-kupu Tabanan Bali

Lokasi Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park terletak di Jalan Batukaru, Br.Sandan Lebah Kel.Sesandan, Wanasari, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan - Bali Indonesia. Jarak tempuh dari kota Denpasar adalah sekitar 28,4 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan.

Taman Kupu-kupu - Bali Butterfly Park
AlamatJl.Batukaru, Br.Sandan Lebah, Kel.Sesandan, Tabanan
Bali - Indonesia
Telepon(+62) (361) 894 0595
(+62) (361) 894 0596
Fax(+62) (361) 894 0594
Emailinfo@balibutterflypark.com
balibutterflyzoo@gmail.com
Websitebalibutterflypark.com
Jam BukaSetiap Hari
08.00 pagi - 17.00 sore
Masuk Terakhir16.30 sore


Peta Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park Tabanan

Peta lokasi Taman Kupu-kupu Tabanan Bali Butterfly Park oleh Google Maps



Referensi:
- repository.ipb.ac.id
- balibutterflypark.com
Permalink: Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) di Tabanan | Bali Glory


Sumber https://id-baliglory.blogspot.com

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Taman Kupu-Kupu Bali (Bali Butterfly Park) Di Tabanan. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions