Denpasar: Ibukota Provinsi Bali - Kota Denpasar

Kota Denpasar merupakan ibukota dari provinsi daerah Bali dan tentunya sebagai sebuah ibu kota, Denpasar menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian di Bali. Nama Denpasar diambil dari kata "Den" yang artinya utara dan "Pasar" yang artinya pasar, nama ini diambil karena letaknya di utara pasar Kumbasari.

Konten
Ibukota Provinsi BaliLetak Geografis Denpasar Iklim dan Cuaca Pariwisata DenpasarPeta Kota Denpasar

Ibukota Provinsi Bali

 merupakan ibukota dari provinsi daerah Bali dan tentunya sebagai sebuah ibu kota Denpasar: Ibukota Provinsi Bali - Kota Denpasar
Foto credit: Antoine SIPOS via Flickr

Denpasar awalnya adalah pusat dari kerajaan Badung, dan ditaklukkan oleh Belanda selama intervensi Belanda di pulau Bali (1906), Denpasar tetap menjadi pusat administrasi Kabupaten Badung dan mulai tahun 1958 Denpasar menjadi pusat pemerintahan untuk provinsi Bali. Bali mengalami pertumbuhan yang sangat pesat baik dari segi fisik, ekonomi, sosial dan budaya setelah Denpasar digunakan sebagai pusat pemerintahan.

Denpasar adalah pusat pemerintahan, pusat perdagangan, pusat pendidikan, pusat industri dan pusat pariwisata yang terdiri dari four kecamatan, yaitu Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Selatan, Denpasar Utara. Dan pada tanggal 27 Februari 1993 Denpasar ditetapkan sebagai Kota Madya

Letak Geografis Denpasar

Kota Denpasar terletak pada ketinggian 0-75 k di atas permukaan laut. Dengan full luas 127,78 km² atau 2,18% dari luas wilayah Provinsi Bali. Dari penggunaan lahan, 2768 hektar lahan adalah persawahan, 10.001 hektar lahan kering dan lahan yang tersisa dari nine hektar untuk penggunaan lainnya.

Iklim dan Cuaca

Denpasar terletak disebelah selatan khatulistiwa, memiliki iklim tropis basah/hujan dan kering, dengan cuaca panas dan lembab sepanjang tahun dan sedikit perubahan suhu sepanjang tahun. Tidak seperti kebanyakan kota lainnya di luar Republic of Indonesia dengan iklim seperti ini, ada sedikit perubahan suhu musiman, dengan suhu rata-rata sekitar 28° C. Setiap Tahun dibagi menjadi dua musim: hujan/basah dan kering.

Musim hujan berlangsung kira-kira dari bulan Nov sampai bulan April, sementara musim kemarau berlangsung dari Mei hingga Oktober. Suhu yang tidak ekstrim, tapi panas, dikombinasikan dengan kelembaban dan curah hujan berlebihan, membuat iklim dan cuaca di Denpasar terasa kurang nyaman.

Pariwisata Denpasar

 merupakan ibukota dari provinsi daerah Bali dan tentunya sebagai sebuah ibu kota Denpasar: Ibukota Provinsi Bali - Kota Denpasar
Foto credit: Angolming via Flickr

Denpasar memiliki banyak objek wisata. Pantai berpasir putih yang terkenal juga ada di daerah Denpasar. Pantai Sanur memiliki perairan lebih tenang dan sangat baik untuk berjemur ataupun untuk kegiatan olahraga air lainnya. Dan juga di pusat kota Denpasar memiliki beberapa tempat wisata dan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi seperti Museum Bali, Monumen Bajra Sandhi (Renon), Monumen Puputan Badung, Taman Budaya Ardha Chandra (Art Centre Bali).

Denpasar juga menjadi pusat perbelanjaan di Bali dengan banyaknya shopping mall dan pertokoan yang ada di daerah Denpasar, serta untuk kebutuhan makanan sehari-hari juga tersedia pasar lokal yang ada di pusat kota Denpasar seperti pasar Kumbasari.

Untuk wisata kuliner di Denpasar juga banyak ditemui restoran-restoran ataupun warung makan yang menyajikan makanan lokal maupun internasional. Bandar udara juga tidak jauh dari kota Denpasar, kira-kira xxx menit untuk menempuh lapangan terbang internasional Ngurah Rai. Bandar udara internasional Ngurah Rai terletak di daerah Kuta. Kuta adalah tempat sebagian besar akomodasi seperti hotel, villa, restoran, mal, kafe, pasar, pusat perbelanjaan dan spa yang melayani wisatawan yang tengah berlibur di pulau Dewata. Di daerah Denpasar, semua jenis kerajinan Bali banyak ditemui di toko-toko lokal termasuk karya seni, tembikar, tekstil, dan perak.

Peta Kota Denpasar

Lokasi dan Peta Kota Denpasar Bali oleh Google Maps

Situs Resmi: www.denpasarkota.go.id
Permalink: Denpasar: Ibukota Provinsi Bali - Kota Denpasar - Bali Glory


Sumber https://id-baliglory.blogspot.com

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Denpasar: Ibukota Provinsi Bali - Kota Denpasar. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions