Kabupaten Tabanan, Bali

Tabanan adalah sebuah Kabupaten yang termasuk di wilayah provinsi Bali, Indonesia. Terletak disebelah selatan pulau Bali, kira-kira 35 km disebelah barat dari kota Denpasar. Luas expanse kabupaten Tabanan adalah 839.33 km² (14.90% dari luas pulau Bali).

Konten
Simbol/Lambang Kabupaten Tabanan
Topografi Tabanan
Bagian Wilayah Kabupaten Tabanan
Tempat Wisata di Tabanan
Peta Tabanan

 adalah sebuah Kabupaten yang termasuk di wilayah provinsi Bali Kabupaten Tabanan, Bali
Jatiluwih, Tabanan - Bali

Simbol/Lambang Kabupaten Tabanan

 adalah sebuah Kabupaten yang termasuk di wilayah provinsi Bali Kabupaten Tabanan, BaliLambang/simbol atau logo dari kabupaten Tabanan adalah berbentuk segi lima dengan garis pinggir yang menyimbulkan Pancasila (Landasan filosofi negara Republik Indonesia) yang merupakan landasan dasar yang dijunjung tinggi dan selalu menerangi jiwa rakyatnya. Di dalam bentuk lambang segi lima tersebut ada beberapa simbol yaitu gunung Batukaru dengan warna hitam yang melambangkan kemakmuran dan kekuatan dari rakyat Tabanan dalam semangat dinamis menuju masyarakat yang adil dan makmur, Pura (Monumen) dengan warna putih melambangkan kepahlawanan rakyat Tabanan dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia. Padi dan Kapas (beras di sisi kiri dengan warna kuning dan kapas di sisi kanan dengan warna putih) melambangkan makanan dan pakaian yang menjadi kebutuhan dasar sehari-hari, xx butir beras dan xi buah kapas/katun melambangkan perang Puputan Margarana pada xx Nov 1946 melawan kolonial Belanda di Tabanan. Ada juga kata "Tabanan" yang berarti kabupaten Tabanan itu sendiri, dan ada motto "Sadhu Mawang Anuraga" yang berarti setia dan bijaksana untuk menjalankan kebenaran demi cinta kepada masyarakat. Lambang kabupaten daerah tingkat II Tabanan ini memiliki four warna, warna hitam berarti keagungan, warna kuning berarti keluhuran, warna hijau muda berarti kemurnian dan warna putih berarti kesucian.

Topografi Tabanan

 adalah sebuah Kabupaten yang termasuk di wilayah provinsi Bali Kabupaten Tabanan, BaliSecara geografis kabupaten Tabanan terletak di antara 114° - 54' 52" Bujur Timur dan 8° 14' 30" - 8° 30' 07" Lintang Selatan, topografi Kabupaten Tabanan terletak pada ketinggian 0-2,276 m di atas permukaan laut dengan rincian pada ketinggian 0-500 m di atas permukaan laut merupakan daerah datar dengan kemiringan 2-15%, dan pada ketinggian 500-1000 m di atas permukaan laut adalah derah datar menurun ke daerah miring dengan kemiringan 15-40%. Di daerah yang memiliki kemiringan 2-15% dan 15-40% adalah daerah yang cukup subur di mana petani melakukan kegiatan pertanian untuk memenuhi kebutuhan. Di daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 m di atas permukaan laut dan dengan kemiringan 40% keatas adalah daerah berbukit dan curam, full 23.358 hektar atau 28,00% dari luas lahan di Kabupaten Tabanan adalah sawah, sehingga Tabanan dikenal sebagai daerah pertanian atau lumbung beras.

Batas-batas wilayah Kabupaten Tabanan adalah: di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Buleleng yang dibatasi oleh pegunungan seperti Gunung Batukaru (2.276 m), Gunung Sanghyang (2.087 m), Gunung Pohen (2.089 m), di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Badung yang dibatasi oleh sungai Yeh Sungi, sungai Yeh Ukun dan sungai Yeh Penet. Di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dengan lebar pantai sekitar 37 km, di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Jembrana yang dibatasi oleh sungai Yeh Let.

Bagian Wilayah Kabupaten Tabanan

Kabupaten Tabanan dibagi menjadi 10 Kecamatan, diantaranya adalah:

  1. Baturiti
  2. Kediri
  3. Marga
  4. Kerambitan
  5. Penebel
  6. Pupuan
  7. Tabanan
  8. Selemadeg
  9. Selemadeg Timur
  10. Selemadeg Barat

Tempat Wisata di Tabanan

 adalah sebuah Kabupaten yang termasuk di wilayah provinsi Bali Kabupaten Tabanan, Bali

Tabanan juga merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki tempat wisata yang menarik dan populer di Bali, Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Tabanan, dan juga ada banyak hotel, restoran, villa dan akomodasi lainnya yang cocok dan baik digunakan sebagai liburan keluarga atau hanya sekedar sebagai tempat untuk bersantai. Berikut adalah beberapa objek wisata terbaik di Kabupaten Tabanan.


Peta Tabanan

Lokasi dan Peta Tabanan Bali oleh Google Maps

Referensi : Situs Resmi Kabupaten Daerah Tingkat II Tabanan
Permalink: Kabupaten Tabanan, Bali | Bali Glory


Sumber https://id-baliglory.blogspot.com

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Kabupaten Tabanan, Bali. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions