7/6/18

Pantai Balian: Tempat Wisata Pantai Di Bali Untuk Surfing

Pantai Balian adalah sebuah pantai berpasir hitam abu-abu pada pesisir selatan di Bali bagian barat yang terkenal dengan olah raga selancar air (surfing), pantai Balian atau juga disebut Pantai Tukad Balian adalah salah satu tempat wisata pantai di Bali yang memiliki panorama alam yang indah dengan ombak yang sangat baik dan cocok untuk dijadikan tempat berselancar dan merupakan salah satu pantai yang terbaik untuk berselancar di Bali.

Disepanjang pantai berjejer pohon-pohon kelapa, sehingga suasana di daerah ini masih terlihat sangat asri. Pantai Balian banyak dikunjungi turis peselancar ketika mereka Kabupaten Tabanan, Bali Indonesia.

 adalah sebuah pantai berpasir hitam abu Pantai Balian: Tempat Wisata Pantai di Bali untuk Surfing
Balian Surf, Foto: www.balian-villa.com

Sejarah Nama Pantai Balian

Balian adalah sebenarnya nama sebuah sungai yang ada di Pura Tanah Lot. Pada abad ke-15 beliau pernah melewati daerah ini dalam perjalanan suci beliau untuk mengunjungi pulau Bali dari jawa melalui pesisir pantai selatan Bali.

Konon, ketika beliau tiba di tempat ini, beliau banyak menemukan penduduk yang sakit, maka dengan kekuatannya, beliau menancapkan tongkatnya di bagian hulu sungai kemudian menyuruh orang-orang yang sakit untuk mandi dan membersihkan diri di hilir sungai, kemudian dengan seketika orang-orang yang sakit tersebut menjadi sembuh. Karena keampuhan dari sungai tersebut maka penduduk menyebutnya sungai Balian.

Balian dalam bahasa Bali berarti dukun (yang bisa menyembuhkan penyakit), sungai Balian mempunyai xi anak sungai dan bagi masyarakat setempat sungai ini dianggap suci, maka sampai sekarang masih digunakan untuk penyucian diri (penglukatan).

Air dari sungai Balian langsung menuju ke laut, dan hilir dari sungai Balian ada pada bibir pantai, maka dapat disimpulkan bahwa nama pantai Balian disebutkan adalah karena hilir dari Tukad Balian berada pada bibir pantai, maka sampai sekarang pantai tersebut disebut dan terkenal dengan nama pantai Balian.

Pantai Balian - Bagaimana Menuju Kesana?

Pantai berpasir hitam Balian berada dekat dengan ruas jalan utama yang mengubungkan antara Jembrana dan Denpasar. Pantai Balian dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih lx km atau sekitar two jam perjalanan dari kota Denpasar, Kuta ataupun daerah sekitarnya, atau sekitar 84 km dari pelabuhan Gilimanuk, Jembrana Bali, dan sekitar thirty menit dari pantai Medewi.

Untuk mengunjungi Pantai Balian bisa ditempuh menggunakan bus, taksi, dan sepeda motor ataupun mobil yang dapat disewa di tempat penyewaan kendaraan. Bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi pantai Balian sangat direkomendasikan menyewa kendaraan dengan supir untuk kenyamanan, keamanan dan untuk menghindari sesat di jalan.

Pantai Balian - Dimana Untuk Tinggal?

Pantai Balian merupakan daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan khususnya para peselancar, maka disekitar wilayah itu banyak dijumpai tempat penginapan ataupun villa untuk kenyamanan wisatawan dengan harga menginap yang bervariasi sesuai dengan fasilitas akomodasi yang disediakan.

Jadi, untuk tinggal dan menginap di tempat wisata pantai Balian tidak perlu dikhawatirkan. Selain itu, di kawasan pantai Balian juga banyak ditemukan bar dan restoran yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, bill of fare makanan yang khas yang biasanya ditawarkan di rumah makan di sekitar pantai Balian adalah bill of fare makanan laut atau bounding main food, seperti ikan bakar, kepiting dan cumi bakar, dll.

Waktu Terbaik Mengunjungi Pantai Balian

Seperti kebanyakan tempat wisata pantai lainnya di Bali, waktu yang terbaik untuk berkunjung ke pantai adalah pada saat sebelum matahari terbit/terbenam, sedangkan untuk di pantai Balian karena terletak di pesisir selatan di Bali barat, maka waktu yang terbaik untuk mengunjunginya adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam/sunset. Tetapi jika ingin berselancar untuk merasakan indahnya ombak Pantai balian biasanya di sesuaikan dengan keadaan cuaca, keadaan arus laut serta letak dan tinggi ombak.
Baca selengkapnya tentang Balian Surf Report together with Forecast

 adalah sebuah pantai berpasir hitam abu Pantai Balian: Tempat Wisata Pantai di Bali untuk Surfing
Pantai balian Bali, Foto: Balian Villa

Meskipun Pantai Balian terkenal dengan ombaknya yang indah dan menjadi surga bagi peselancar, tetapi para peselancar harus tetap waspada akan serangan hiu. Kadang-kadang hiu banteng terlihat berenang di sekitar pantai.

Menurut berita, kejadian serangan hiu di perairan Republic of Indonesia sangat jarang terjadi, tetapi selama ini serangan hiu hanya terjadi di perairan pantai Balian saja, maka diharapkan bagi para peselancar agar tetap waspada, tidak peduli meskipun peselancar pro ataupun pemula, Keselamatan adalah prioritas utama.
Baca selengkapnya tentang Shark attacks inwards Balian Bali

Objek Wisata di sekitar Pantai Balian

Selain tempat wisata pantai Balian, juga terdapat beberapa objek wisata yang lainnya yang terletak tidak jauh dari wilayah pantai Balian, seperti pantai Soka yang memiliki pemandangan yang indah dan Agrowisata Kebun Buah Naga Lumbung Berkat yang berlokasi di Desa Antap. Agrowisata Lumbung Berkat ini merupakan satu-satunya objek agrowisata di Kecamatan Selemadeg, Tabanan, yang memiliki luas kebun sekitar fifty are dan ditumbuhi lebih dari 3.000 biji tanaman buah naga.

Peta Pantai Balian Bali

Peta lokasi Pantai Balian Bali oleh Google Maps


Permalink: Pantai Balian: Tempat Wisata Pantai di Bali untuk Surfing | Bali Glory


Sumber https://id-baliglory.blogspot.com