Objek Wisata Di Tabanan Bali Yang Terbaik Dan Wajib Dikunjungi

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi - Kabupaten Tabanan adalah sebuah wilayah di provinsi Bali yang selama ini dikenal dengan sebutan lumbung beras, karena sebagian besar wilayahnya masih meliputi hamparan sawah dan sebagian besar penduduknya adalah sebagai petani dengan sebagian besar penghasilannya adalah di sektor pertanian dan perkebunan, sehingga menjadikan Tabanan sebagai daerah penghasil beras yang paling banyak di pulau Bali.

Selain itu, Kabupaten Tabanan juga sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri, Tabanan juga memiliki beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti pegunungan, danau, tempat suci (pura), sawah berundak, pantai, dll dan menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata yang paling favorit di pulau dewata Bali.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Objek Wisata di Tabanan, Bali

Dibawah ini Bali Glory akan mengulas tentang objek wisata di Tabanan yang terbaik dan menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang akan atau sedang berlibur di Bali.

No. Objek Wisata
1 Tanah Lot
2 Pura Ulun Danu Bratan
3 Kebun Raya Bali
4 Sawah Berundak Jatiluwih
5 Hutan Monyet Alas Kedaton & Pura Alas Kedaton
6 Pura Luhur Batukaru
7 Pantai Balian
8 Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park
9 Museum Subak

1. Tanah Lot

Objek wisata Tanah Lot Bali, tidak ditanya lagi bahwa Tanah Lot yang terletak di Kabupaten Tabanan ini adalah salah satu tujuan wisata yang paling favorit di Bali dengan keindahan sunset dan Pura Tanah Lot yang berdiri tegak diatas batu karang yang kokoh, rasanya tidak lengkap kalau liburan di Bali tidak mengunjungi salah satu kawasan wisata yang paling populer di Bali bahkan di Indonesia.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Pura Tanah Lot - Bali, Indonesia

Pura Tanah Lot adalah sebuah tempat suci dari umat Hindu untuk memuja Tuhan dalam manifestasi-NYA sebagai Dewa Baruna (Dewa Laut) untuk menjaga keseimbangan antara laut dan bumi. Pura yang dibangun pada abad ke-16 oleh Dang Hyang Nirartha ini merupakan salah satu Pura Kahyangan Jagat di pulau Dewata dan kesuciannya sangat dijaga oleh masyarakat Bali.
Baca selengkapnya (Pura Tanah Lot Bali: Sejarah & Keindahan Tanah Lot Sunset Bali).

2. Pura Ulun Danu Bratan

Objek wisata Pura Ulun Danu Bratan Bedugul Bali, ketika orang-orang melihat Pura Ulun Danu Beratan baik itu lewat media sosial, televisi maupun di majalah-majalah maka mereka langsung akan menyebut "Bali".

Pura Ulun Danu Beratan yang berada di tepi Danau Beratan (Bratan) yang terletak di kawasan Bedugul di wilayah kabupaten Tabanan ini seolah-olah sudah menjadi profil dari pariwisata Bali, dan foto-foto indah dari Pura Ulun Danu Beratan Bedugul ini banyak dijadikan sebagai halaman depan dari majalah-majalah move lead seperti Lonely Planet, Travel + Leisure, dan yang lainnya, sehingga tempat wisata ini menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik mancanegara maupun domestik dan menjadikan tempat ini adalah salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Bali.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Pura Ulun Danu Bratan - Bali, Indonesia

Pura Ulun Danu Beratan dibangun oleh I Gusti Agung Putu dan diperkirakan dibangun sebelum tahun saka 1556 atau 1634 Masehi. I Gusti Agung Putu adalah pendiri dari kerajaan Mengwi dan Beliau juga pendiri dari Pura Taman Ayun.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali adalah sebuah tempat suci dari umat Hindu yang ada di pulau dewata untuk memuja kebesaran dari Dewa Siwa. Umat Hindu di Bali memuja Beliau untuk memohon kesejahteraan, keselamatan, kemakmuran dan kesuburan bagi pertanian. Danau Beratan juga merupakan sumber pengairan atau irigasi bagi lahan pertanian khususnya yang ada di bagian tengah dari pulau Bali.
Baca selengkapnya (Ulun Danu Beratan: Pura Di Atas Danau Bratan Bedugul Bali).

3. Kebun Raya Bali

Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Bali adalah tempat wisata Kebun Raya Bali atau juga disebut Kebun Raya "Eka Karya" Bali, masyarakat Bali lebih sering menyebutnya dengan Kebun Raya Bedugul saja. Kebun Raya Bali yang terletak di kawasan Bedugul di wilayah Kabupaten Tabanan ini adalah sebuah kebun botani yang berfungsi sebagai tempat penelitian, eksplorasi, inventarisasi, konservasi, pendidikan dan sekaligus sebagai tempat rekreasi.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Kebun Raya Bali - Bedugul Bali, Indonesia

Pendirian taman botani Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali yang dimulai dari ide dari Prof.Ir. Kusnoto Setyodiwiryo dan I Made Taman ini memiliki lebih dari 2000 spesies tanaman yang diawetkan, dan juga terdapat banyak koleksi tanaman seperti anggrek, tanaman paku, begonia, kaktus, tanaman obat, tanaman untuk perlengkapan upacara agama Hindu, tanaman air, hebarium, dsb.
Baca selengkapnya (Kebun Raya Bali - Bedugul Bali, Indonesia).

4. Sawah Berundak Jatiluwih

Objek wisata sawah berundak Jatiluwih Bali, diantara semua sawah bertingkat yang ada di Bali maka dapat dikatakan bahwa pemandangan sawah terasering Jatiluwih adalah yang paling indah selain sawah terasering Tegalalang, sawah berundak Munduk, sawah berundak Pupuan, dan yang lainnya. Persawahan yang ada di kawasan Desa Jatiluwih dan berada dekat dengan Gunung Batukaru ini juga adalah salah satu penghasil beras merah yang ada di Bali.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Sawah Berundak Jatiluwih - Bali, Indonesia

Persawahan Jatiluwih termasuk didalam kawasan Lanskap Subak Catur Angga Batukaru yang merupakan salah satu dari iv kawasan di Bali yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia sejak 29 Juni 2012 karena mempunyai keunikan dan ciri khas pada sistem pertaniannya dengan menggunakan sistem irigasi tradisional yang dikenal dengan istilah Subak.
Baca selengkapnya (Jatiluwih: Tempat Wisata Pemandangan Sawah Berundak di Bali).

5. Hutan Monyet Alas Kedaton & Pura Alas Kedaton

Objek Wisata Hutan Monyet Alas Kedaton dan Pura Alas Kedaton, dari beberapa hutan kera yang ada di pulau Bali maka hutan kera Alas Kedaton adalah salah satu diantaranya selain hutan monyet Sangeh dan hutan Monyet Ubud.

Tempat wisata Alas Kedaton merupakan tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal selain wisatawan mancanegara, terutama pada hari-hari libur. Selain terdapat ratusan kera yang tinggal di hutan ini, terdapat juga beberapa kelelawar besar (Kalong) bergelantungan di ranting pepohonan yang tinggi. Didalam hutan terdapat tempat suci bagi umat Hindu yaitu Pura Alas Kedaton yang dibangun oleh Mpu Kuturan atau Mpu Rajakertha pada masa pemerintahan Raja Sri Masula Masuli di pulau dewata.
Baca selengkapnya (Alas Kedaton: Pura Sakral Di Tengah Hutan Monyet/Kera Bali).

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Hutan Monyet Alas Kedaton & Pura Alas Kedaton - Bali, Indonesia

Jenis kera yang ada di Bali dan juga yang menghuni hutan Alas Kedaton adalah berjenis crab-eating macaque (bahasa latin nya adalah Macaca Fascicularis) dan juga disebut long-tailed macaque. Species monyet ini adalah merupakan penghuni asli primata cercopithecine di Asia Tenggara, kera jenis ini juga disebut sebagai kera cynomolgus di laboratorium.
Baca selengkapnya (Alas Kedaton: Suaka Alam Hutan Monyet/Kera Sakral Bali).

6. Pura Luhur Batukaru

Objek wisata Pura Batukaru Tabanan Bali, selain tujuan wisata Pura Tanah Lot maupun Pura Ulun Danu Beratan yang dimiliki oleh Kabupaten Tabanan, terdapat juga Pura Luhur Batukaru yang terletak tepat di kaki Gunung Batukaru, Bali.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Pura Batukaru - Bali, Indonesia

Pura Batukaru yang terletak di wilayah Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan ini merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin merasakan kesejukan, ketenangan dan kedamaian yang terdapat di Pura Batukaru ini.

Di Kawasan Pura Luhur Batukaru, jika proses upacara keagamaan tidak berlangsung maka kita tidak akan menjumpai toko-toko souvenir ataupun warung-warung yang menyediakan makanan dan yang lainnya yang umumnya bisa dijumpai disebagian besar tempat-tempat wisata di Bali. Sehingga keheningan dan kedamaian akan benar-benar bisa kita rasakan ketika kita mengunjungi Pura Batukaru. Udara sejuk pegunungan dan kicauan burung akan menambah hati semakin tenteram.
Baca selengkapnya (Pura Batukaru: Tempat Suci di Lereng Gunung Batukaru Bali).

7. Pantai Balian

Objek wisata pantai Balian, mungkin banyak wisatawan tidak mengenal pantai Balian ini karena memang lokasinya jauh dari kota Denpasar maupun dari kawasan wisata seperti Kuta, Ubud, Nusa Dua, Sanur, dsb. Selain tempatnya jauh yang terletak di bagian barat dari pulau Bali tapi masih dalam wilayah kabupaten Tabanan, pantai Balian tidak memiliki pasir putih seperti pantai Nusa Dua, pantai Sanur, pantai Kuta, maupun pantai-pantai yang ada di kawasan Uluwatu (Dreamland, Bluepoint, Pandawa, Tegal Wangi, dll). Tetapi jangan salah, pantai Balian ini sangat terkenal di kalangan pecinta surfing atau selancar.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Pantai Balian - Bali, Indonesia

Pantai Balian memiliki ombak yang sangat bagus untuk olah raga surfing dan menjadikannya sebagai salah satu spot yang terbaik untuk surfing di Bali maupun di Indonesia, banyak surfer-surfer dari belahan dunia datang ke Pantai Balian untuk merasakan ombak yang ditawarkan oleh Pantai Balian.
Baca selengkapnya (Pantai Balian: Tempat Wisata Pantai di Bali untuk Surfing).

8. Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park

Tempat wisata Taman Kupu-Kupu Bali Butterfly Park Tabanan, selain kebun binatang yang ada di Bali seperti Bali zoo, Bali Safari together with Marine Park, Bali Bird Park, Elephant Safari Park, dsb, terdapat juga Bali Butterfly Park atau taman kupu-kupu sebagai atraksi wisata untuk liburan keluarga di pulau dewata.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Taman Kupu-kupu Bali Butterfly Park - Tabanan, Bali, Indonesia

Selain sebagai tempat wisata, taman kupu-kupu Tabanan yang terletak di Desa Wanasari ini juga dipergunakan untuk edukasi dan penelitian. Saat ini terdapat dua taman Kupu-Kupu besar di pulau Bali yaitu Tabanan Bali Butterfly Park yang berlokasi di Kabupaten Tabanan dan Kemenuh Butterfly Park yang terletak di Kabupaten Gianyar.
Baca selengkapnya (Taman Kupu-kupu Bali (Bali Butterfly Park) di Tabanan).

9. Museum Subak

Objek wisata Museum Subak Tabanan Bali, terletak di dekat pusat pemerintahan Kabupaten Tabanan dan hanya five menit dari kota Tabanan. Museum Subak sebagai salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan juga para pelajar maupun mahasiswa. Museum Subak adalah satu-satunya museum di Bali yang memperlihatkan berbagai macam koleksi serta alat-alat tradisional yang digunakan untuk pertanian.

Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi  Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi
Museum Subak - Tabanan, Bali, Indonesia

Museum Subak selain sebagai objek wisata juga sebagai tempat untuk memperkenalkan kepada generasi muda maupun wisatawan tentang sistem pengairan (irigasi) di Bali yang unik yang merupakan warisan leluhur dan masih digunakan sampai sekarang yang dikenal dengan nama Subak.
Baca selengkapnya (Museum Subak: Koleksi Pertanian & Irigasi Tradisional Bali).

Subak yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia ini memiliki keunikan dalam hal sistem pengairan/irigasi sawah yang menggunakan filosofi "Tri Hita Karana" yaitu filosofi tentang keseimbangan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan kelompoknya, dan manusia dengan lingkungan serta alam disekitarnya.
Baca selengkapnya (Subak: Sistem Pengairan Sawah (irigasi) Tradisional Bali).

Permalink:
Objek Wisata di Tabanan Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi | Bali Glory


Sumber https://id-baliglory.blogspot.com

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Objek Wisata Di Tabanan Bali Yang Terbaik Dan Wajib Dikunjungi. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions